Pencapaian indikator MDG untuk TB di Indonesia cukup memuaskan dan diperkirakan semua indikator TB akan dicapai sebelum waktu yang ditentukan pada tahun 2015. Selain dari pada itu, keberhasilan pengendalian TB di Indonesia juga ditunjukkan dengan apresiasi dari beberapa tokoh penting di dunia, di antaranya adalah Sekjen PBB Ban Ki Moon melalui surat langsung kepada Presiden Republik Indonesia yang menyampaikan penghargaan atas upaya pengendalian TB di Indonesia pada tahun 2012.

Pada tahun ini, Program Pengendalian TB di Indonesia menerima berbagai apresiasi dari dunia Internasional. Penghargaan Champion Award for Exceptional Work in the Fight Againts TB. Penghargaan tersebut dari Global Health USAID kepada Pemerntah Indonesia melalui Menteri Kesehatan RI atas upaya dalam pengendalian TB. Selain dari keberhasilan pencapaian MDG, dinilai pula keberhasilan kepemimpinan dalam meningkatkan akses pasien serta membangun kemitraan. Dan juga Indonesia merupakan negara pertama yang memperoleh penghargaan dari USAID atas kepemimpinan dalam pengendalian TB.

Demikian sambutan Menteri Kesehatan RI dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH, yang dibacakan oleh Wakil Menteri Kesehatan RI Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, Ms.c. Ph.d, pada saat acara Run For TB dalam rangka memperingati Puncak Hari TB Sedunia di Monas, Minggu (24/4). Turut hadir pada acara tersebut, Menkokesra H.M Agung Laksono, Ketua Dewan Masjid Indonesia, Jusuf Kalla.

Selengkapnya

Categories: Acara, Berita, TB Day

Leave a Reply


 

  

Find Us on Youtube



Sponsors

  • Global Fund Fighting AIDS, Tuberculosis, Malaria
  • WHO Stop TB Departement
  • From The American People
  • KNCV Indonesia