• Feb : 19 : 2014 - TB TEchnical Assistance Mechanism – tbteam
  • Feb : 17 : 2014 - 45th Union World Conference Flash – Call for abstract submission
  • Feb : 17 : 2014 - HIV/TB Research Frontiers Meeting
  • Dec : 11 : 2013 - DirJen PP dan PL dan Global Fund Menandatangani Grant Signing GF SSF Fase 2
  • Oct : 18 : 2013 - Workshop Penguatan Mananejemen dan Analisis Data

Hari TB Sedunia (HTBS) diperingati setiap tanggal 24 Maret 2013 dan tahun ini mengusung tema Stop TB in My Lifetime atau yang diterjemahkan menjadi “Stop TB Sekarang Juga!”. Tujuan Peringatan Hari TB Sedunia untuk menyebarluaskan informasi tentang TB kepada seluruh lapisan masyarakat, pengambil kebijakan dan media massa maupun masyarakat secara umum tentang bagaimana ancaman TB terhadap kelangsungan kehidupan kita. Melalui peringatan HTBS Program Pengendalian TB Nasional mendorong semua mitra dan masyarakat untuk melakukan upaya baru dalam mendukung Pengendalian TB di Indonesia.

Rangkaian kegiatan peringatan HTBS 2013 adalah  Run for TB merupakan kerjasama Kementerian Kesehatan dengan HOPE Worldwide yang diadakan pada tanggal 24 Maret 2013 di Monas, Jakarta dan diikuti oleh lebih dari 10.000 peserta yang berasal dari berbagai kalangan. Acara dihadiri oleh Menkokesra Bapak Agung Laksono, Wakil Menteri Kesehatan Ali Gufron, Gubernur DKI Joko Widodo, ketua Dewan Masjid Indonesia Bapak Jusuf Kalla serta perwakilan dari Menpora, USAID, Kemenhan. Run for TB tidak hanya sekedar lari, namun setiap kilometer yang berhasil dilalui, peserta menyumbangkan 1 gelas susu bagi pasien TB.

Acara lainnya yaitu Seminar sehari yang merupakan kerjasama Kementerian Kesehatan RI dengan RS Persahabatan yang dihadiri oleh kalangan ahli, profesi dan mitra, dengan jumlah peserta sebanyak 1300 orang dan dibuka secara resmi oleh Dirjen PP&PL Tjandra Yoga Aditama. Dalam kegiatan tersebut dibahas perkembangan terbaru situasi TB menuju Strategi Pasca 2015, termasuk tantangan ke depan terkait penyerta Tuberkulosis diantaranya: TB dan Diabetes Melitus, TB dan Rokok, TB dan Nutrisi dan lan-lain. Peserta dalam Seminar ini berasal dari berbagai organisasi profesi, mitra TB yang selama ini aktif berpartisipasi dalam pengendalian TB, seperti : Dewan Masjid Indonesia, TNI, Aisyiyah, Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa, WHO, pekerja kesehatan, dan para  relawan dari segala lapisan masyarakat.

Download materi presentasi

Download album foto Link 1 | Link 2

Categories: Acara, Berita, TB Day

Leave a Reply


 

Find Us on



Sponsors

  • Global Fund Fighting AIDS, Tuberculosis, Malaria
  • WHO Stop TB Departement
  • From The American People
  • KNCV Indonesia