menkes-tahirJakartaDato Sri Prof Dr Tahir MBA, Pendiri Kelompok Bisnis Mayapada Group asal Indonesia, Dr Tahir mengucurkan dana sebesar 65 juta dollar AS atau setara 650 miliar rupiah untuk pemberantasan penyakit AIDS, TBC dan malaria kepada the Global Fund to Fight AIDS, Tuberculosis, Malaria.

Kontribusi dari Tahir, sejauh ini merupakan yang terbesar yang pernah diterima oleh Global Fund dari yayasan swasta dan akan mendukung upaya untuk mendiagnosa, mengobati, dan mencegah AIDS, TB dan malaria, penyebab utama kematian, dan cacat di Indonesia .

Di saat Global Fund mempersiapkan Replenishment Conference” keempat pada awal Desember, yang diselenggarakan oleh Amerika Serikat di Washington D.C., pemberitahuan Dr. Tahir menunjukkan kepemimpinan teladan bagi investor swasta dalam  memilih Global Fund sebagai sarana untuk menjangkau lebih banyak orang dengan pelayanan hidup berkualitas.

Pada konferensi pers di Jakarta, Dr Tahir mengatakan bahwa kegiatan Global Fund selaras dengan tujuan yayasannya, “The Tahir Foundation didedikasikan untuk melayani masyarakat kurang mampu di Indonesia dan Asia Tenggara”, masih menurut Dr. Tahir “Kami percaya bahwa perusahaan memiliki tanggung jawab untuk mendukung kesehatan dan kesejahteraan di masyarakat tempat mereka bekerja, dan komitmen kami untuk Global Fund yang merupakan investasi Indonesia di masa depan. Kami juga percaya bahwa keluarga berencana memelihara kehidupan dan memberikan anak-anak kehidupan awal yang sehat.”

Dr. Nafsiah Mboi, SpA, MPH, berbicara dalam kapasitas ganda sebagai Menteri Kesehatan Indonesia dan Ketua Dewan Global Fund, mengatakan: “Terima kasih kami dan kekaguman yang luar biasa bagi inisiatif dari Yayasan Tahir dan kemitraan dari Gates Foundation untuk membantu meningkatkan kesehatan warga termiskin di Indonesia. “Bersama-sama mereka memberikan contoh yang luar biasa dari solidaritas diantara masyarakat Indonesia dan tanggung-jawab global,” masih menurut Dr. Nafsiah “Kami siap untuk bekerjasama dengan orang lain dan siap untuk mengikuti teladan mereka di Indonesia maupun di seluruh dunia. Jika kita bekerja keras dan bekerja bersama-sama kita memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk memberantas AIDS, TB, dan malaria. Dukungan ini merupakan kontribusi Indonesia terhadap perang global yang merupakan langkah besar ke depan.”

Bill Gates, Co-Chair dari Gates Foundation, menambahkan: “Komitmen Tahir adalah contoh yang luar biasa dari peran kepemimpinan dermawan dari negara-negara berkembang seperti Indonesia dapat memainkan peran dalam memastikan bahwa semua orang memiliki kesempatan untuk menjalani hidup sehat dan produktif. Investasi Yayasan Tahir di Global Fund adalah pernyataan yang kuat dari keyakinan dalam sebuah organisasi yang telah membantu menyelamatkan sembilan juta jiwa dalam sepuluh tahun terakhir.”

Dr. Tahir mengatakan “Kami percaya bahwa perusahaan memiliki tanggung jawab untuk mendukung kesehatan dan kesejahteraan di masyarakat tempat mereka bekerja,..”

Mark Dybul, Direktur Eksekutif Global Fund, memuji komitmen Tahir Foundation untuk memberantas AIDS, TB dan malaria di Indonesia.” Kami merasa terhormat untuk bergabung dengan seorang pengusaha Indonesia yang ingin berbagi untuk meningkatkan kualitas hidup orang di negara sendiri,” menurut Dr Dybul, “Kontribusi ini akan membuat perbedaan dramatis dalam memerangi AIDS, TB dan malaria di Indonesia.”

Selama dekade terakhir, pendanaan dari Global Fund telah mendukung upaya Indonesia untuk mengobati 1,3 juta kasus TB, mendistribusikan hampir 9 juta kelambu berinsektisida untuk mencegah malaria, dan menyediakan hampir 30.000 orang Indonesia kepada akses yang menyelamatkan jiwa untuk pengobatan HIV. Dengan dukungan dari Global Fund , Indonesia telah memperkuat program penanggulangan TB nasional, berkontribusi terhadap penurunan yang signifikan pada kematian TB selama dekade terakhir

Categories: Berita

Leave a Reply


 

Find Us on Youtube



Sponsors

  • Global Fund Fighting AIDS, Tuberculosis, Malaria
  • WHO Stop TB Departement
  • From The American People
  • KNCV Indonesia