Pada 26 Maret 2014 Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE menyampaikan sambutan pada peluncuran Buku Penanggulangan TB Kupasan para Kyai dan Website dalam kaitan program CEPAT (Community Empowerment of People Against Tuberculosis), yang diselenggarakan oleh Nahdlatul Ulama (NU) dengan dukungan antara lain USAID.

Dalam sambutan Prof. Tjandra menyampaikan 4 (empat) hal :
  1. Kegiatan ini dilakukan dalam rangkaian Hari TB Sedunia. 2014, yang tema globalnya “reach the three million, find, treat, cure for all”, yang dalam bahasa Indonesia menjadi “Temukan dan Sembuhkan TB”.
  2. Sebagian besar Target MDGs TB Indonesia sudah dapat dicapai
  3. Masyarakat perlu mengetahui 2 hal penting tentang penemuan dan penyembuhan tuberkulosis, yaitu :
    • Mereka yang batuk berdahak 2 minggu atau lebih perlu segera memeriksakan dirinya, bisa saja ada berbagai kemungkinan penyakit, salah satu diantaranya adalah tuberkulosis
    • Seseorang yang memang sakit tuberkulosis maka harus mengikuti pengobatan sampai tuntas, setidaknya 6 bulan. Walau badan rasanya sudah enak dan tidak ada keluhan setelah 2-3 bulan misalnya, maka obat tidak boleh berhenti, harus dimakan terus sampai 6 bulan
  4. Kementerian Kesehatan menyampaikan terimakasih kepada NU yang telah menyelanggarakan kegiatan ini, juga kepada USAID yang telah mendukungnya.
 Pada akhir acara dilakukan “Performing Art” yang menarik perhatian
Demikian yang disampaikan Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (PP dan PL) Kementerian Kesehatan RI  (bi)
Categories: Berita

Leave a Reply


 

Find Us on Youtube



Sponsors

  • Global Fund Fighting AIDS, Tuberculosis, Malaria
  • WHO Stop TB Departement
  • From The American People
  • KNCV Indonesia