Bill and Melinda Gates memberikan sumbangan sebesar 130 juta dolar Amerika kepada Global Fund.

Suara.com – Orang terkaya di dunia Bill Gates serta Ketua Tahir Foundation Dato Sri Dr.Tahir meluncurkan Dana Kesehatan Indonesia untuk memerangi AIDS, TBC dan Malaria. Peluncuran disaksikan Menko Kesra Agung Laksono dan Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi di Jakarta, Sabtu (5/4/2014).

Kemitraan Tahir Foundation dan Bill and Melinda Gates ini diwujudkan dengan memberikan sumbangan sebesar 130 juta dolar Amerika kepada Global Fund dan 20 juta dolar Amerika kepada perluasan akses Keluarga Berencana Indonesia.

Menurut Menkes, ini bukan kali pertama pemilik Microsoft bersentuhan dengan masalah kesehatan di Indonesia. Selain mendukung penanggulangan AIDS, TBC dan Malaria, Bill Gates juga mendukung perusahaan farmasi terkemuka Indonesia, Bio Farma, dalam transfer teknologi pembuatan vaksin pneumococcal yang saat ini tengah dalam tahap ujicoba.

“Jika semua berjalan lancar, maka akan siap dipasarkan dalam waktu empat tahun,” kata Nafsiah.

Menkes berterima kasih kepada Bill Gates atas dukungannya bagi kemandirian kefarmasian dan kemampuan produk Indonesia menembus pasar internasional.

Menkes juga berterima kasih kepada Dato Sri Dr. Tahir yang telah mengundang Bill Gates ke Indonesia dan mengumpulkan kolega bisnisnya untuk menjadi filantropis.

Selain Tahir ada delapan orang lagi yang menjadi pendiri Dana Kesehatan Indonesia. Mereka adalah Hendro S. Gondokusumo, Lutungan Honoris, Adrian Bramantyo, Ted Sioeng, Edward Soeryadjaya, Henry J. Gunawan, Benny Tjokrosaputro dan Anne Patricia Sutanto. (Antara)

Categories: Berita

Leave a Reply


 

Find Us on



Sponsors

  • Global Fund Fighting AIDS, Tuberculosis, Malaria
  • WHO Stop TB Departement
  • From The American People
  • KNCV Indonesia